Macam-Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya


0

Walaupun sudah banyak ahli kecantikan yang memberi tahu cara mengatasi masalah jerawat di sosial media mereka, tetapi belum banyak ahli kecantikan yang menjelaskan tentang macam-macam jerawat secara keseluruhan, kecuali jika kalian pergi konsultasi ke dokter kulit khusus kecantikan.

Padahal, cara mengatasi nya tentu berbeda loh. Setiap jerawat memiliki jenis nya masing-masinng, juga memiliki cara penanganannya masing-masing. Walaupun yang biasanya muncul adalah jerawat jenis fungal acne. Tapi disini kita akan membahas setiap macam jerawat. Disimak yaa!

  1. Fungal Acne, biasanya tempat muncul favorit mereka ada di daerah dahi, dada, punggung, bahu dan daerah lain yang biasanya lembab dan berminyak. Dan juga, biasanya disebabkan oleh jamur malassezia. Gejala yang ditunjukkan biasanya adalah: muncul benjolan sseperti beruntusan tetapi di dalamnya tidak terdapat komedo putih atau isi yang biasanya terdapat di beruntusan; terasa gatal pada sekitar jerawat; dan sudah mencoba perawatan jerawat tetapi tidak juga sembuh
  2. Komedo terbuka berwarna hitam, biasa disebut komedo hitam, biasanya disebabkan oleh sebum pada kulit wajah yang menumpuk dan terkena udara luar yang kotor bercampur debu. Tempat singgah favorit nya ada di daerha hidung, dagu dan daerah pipi dalam.
  3. Komedo tertutup berwarna putih, hampir sama dengan penyebab komedo hitam, bedanya komedo putih ini tertutup lagi oleh lapisan kulit membuat sebum yang menumpuk tertanam di kulit luar. Biasanya terdapat di daerah dahi, pipi bagian luar juga di daerah dagu.
  4. Papul, papul ini hampir menyerupai fungal acne, namun biasanya akan sembuh dengan perawatan jerawat. Biasanya ini terjadi setelah komedo putih yang matang tidak dikeluarkan.
  5. Pustul, ini bagian dimana jerawat mulai terlihat terisi dalamnya, biasanya terdapat titik berwarna pputih di tengahnya. Dan kita biasa menyebutnya jerawat yang matang.
  6. Nodul, adalah keadaan dimana jerawat yang muncul tidak terdapat isi di dalamnya, juga biasanya terasa sakit atau nyut-nyutan saat disentuh.

Lalu, untuk cara mengatasinya:

Untuk mengatasi fungal acne dengan cara menghindari kandungan fatty acid, oil, ester atau campuran alcohol, dan juga fermentasi pada setiap produk atau pun makanan yang dikonsumsi.

Juga dapat melakukan beberapa terapi seperti pemberian salep, menggunakan madu mentah atau propolis, penggunaan BHA dan sulfur.

Untuk perawatan jenis jerawat yang lainnya, biasanya hal yang harus di hindari adalah produk dengan kandungan parfume, fragrance, dan alcohol di dalamnya.

Dan juga bisa melakukan perawatan seperti penggunaan clay mask untuk mengurangi minyak pada wajah, juga melakukan eksfoliasi dengan AHA-BHA, tetapi AHA-BHA harus sesuai dengan petunjuk penggunaannya ya.

Jangan pernah mencoba untuk meng-eksfoliasi kulit dengan cara men-scrub wajah. Karena itu dapat merusak skin barrier kita.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
fauziaif

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format